Senin, 25 Okt 2021
  • DIBUKA Pendaftaran Santri Baru Tahun 2022-2023 kunjungi www.pmalrifaie2.com

Cara Jitu Menyembuhkan Batuk dengan Jahe

Cara Jitu Menyembuhkan Batuk dengan Jahe
Minum jahe (Foto: Medical News today)

Kebanyakan dari kita mungkin lebih mengenal jahe sebagai herbal penghangat tubuh atau dapur. Namun, tanaman yang rimpang dan daunnya berkhasiat ini punya banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut ahli herbal dari Pusat Studi Obat Bahan Alam Departemen Farmasi Universitas Indonesia, Prof Dr Sumali Wiryowidagdo Apt dalam buku “Khasiat Jahe” oleh Redaksi Trubus (2019), jahe memiliki efek antiemetik alias menghilangkan rasa mual dan muntah. Jahe juga berkhasiat menghangatkan tubuh dan tenggorokan, melancarkan peredaran darah dan mengurangi nyeri akibat batuk. Khasiat itu berkat komponen kimia 1-2 persen minyak asiri, 5-8 persen resin, amilum, dan lendir. Dalam minyak jahe terdapat beberapa senyawa aktif terpenoid, seperti gingerol dan shogaol.

Gingerol memiliki efek sedatif alias menenangkan, analgesik (meredakan sakit), antipiretik (menurunkan demam), dan antibakteri. Sedangkan shogaol berefek antiemetik, antipasmodik (melunturkan otot halus), anxiolitik (penenang) dan anticonvulsan (mencegah kejang). Kita juga bisa memanfaatkan jahe untuk obat batuk dengan membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

1. Dikunyah

Menurut laman SehatQ, bagi Anda yang ingin cara praktis dan sudah terbiasa dengan rasa jahe, Anda bisa mengonsumsinya dengan mengunyahnya. Namun, jika ingin rasanya tidak terlalu kuat, Anda juga bisa mencampurkan bubuk jahe dengan madu atau teh.

2. Seduh dengan air panas

Cara lainnya adalah dengan menambahkan air panas. “Kalau terserang batuk dan flu, cukup memarkan jahe, tambahkan gula, lalu seduh dengan air panas,” ungkap Sumali. Minum air panas atau air hangat memiliki manfaat tersendiri. Kompas.com memberitakan, penelitian merekomendasikan air panas tersebut memiliki suhu berkisar 54-71 derajat Celcius. Sementara suhu di atas itu dianggap terlalu panas dan dapat merusak jaringan di kerongkongan, membakar indra perasa, serta menyebabkan lidah melepuh. Jika Anda sedang pilek dan memiliki masalah hidung tersumbat, menghirup uap lembut dari secangkir air hangat juga bisa membantu melonggarkan hidung yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

3. Direbus

Cara lainnya, seperti dikutip dari buku “Tanaman Berkhasiat Obat” yang ditulis oleh Dra Hj Sri Nooryani Bardan (2007), adalah dengan merebus rimpang jahe dengan dua gelas air. Berikut langkah-langkah membuatnya: Siapkan tiga ibu jari rimpang jahe dan dua gelas air. Kupas rimpang jahe dan cuci bersih. Rebus rimpang jahe bersama dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum rammuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing satu gelas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “3 Cara Mudah Manfaatkan Jahe untuk Menyembuhkan Batuk”, Klik DISINI untuk baca

penulis
admin

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR